Yuk, kenali 3 tanda Dissosial !

Seringkali kita mendengar istilah antisosial. Istilah ini seringkali dilabelkan pada orang-orang yang tidak peduli dengan orang-orang yang ada di sekitarnya dan juga tidak peduli pada perkataan orang. Dia hidup dalam dunianya sendiri. Tetapi apakah kamu tahu tanda-tanda orang yang bisa disebut antisosial?
Para ilmuwan telah melakukan kategori orang yang memiliki gangguan. Di Indonesia, kategori tersebut dapat dilihat di Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ). Buku PPDGJ yang berlaku sekarang adalah PPDGJ edisi ke III.
Dalam buku PPDGJ-III, Antisosial disebut dengan istilah dissosial yang masuk pada kategori gangguan kepribadian F60.2. Gangguan dissosial ini biasanya menjadi perhatian disebabkan adanya perbedaan besar antara perilaku dan norma sosial yang berlaku. Hal ini ditandai dengan :
1. Bersikap tidak peduli dengan perasaan orang lain.  Sikap yang amat tidak bertanggung jawab dan berlangsung terus menerus (persistent), serta tidak peduli terhadap norma, peraturan,dan kewajiban sosial
2. TIdak mampu memelihara suatu hubungan agar berlangsung lama, meskipun tidak ada kesulitan untuk mengembangkannya. 
3. Toleransi terhadap frustasi sangat rendah dan ambang yang rendah untuk melampiaskan agresi, termasuk tindakan kekerasan. Tidak mampu mengalami rasa salah dan menarik manfaat dari pengalaman, khususnya dari hukuman. Sangat cenderung menyalahkan orang lain atau menawarkan rasionalisasi yang masuk akal, untuk perilaku yang membuat pasien konflik dengan masyarakat
Dalam tahapan diagnosis (medis), melabelkan antisosial (dissosial) pada pasien, harus melihat minimal paling sedikit 3 dari tanda-tanda di atas.

Sumber : Lapakpsikologi.com

No comments:

Post a Comment